Makanan Ciri khas Bengkulu

Makanan Ciri khas Bengkulu

Makanan Ciri khas Bengkulu Sedap yang Harus Anda Coba

Dengar nama Propinsi Bengkulu, tentunya anda segera terpikir dengan bunga legendaris di Indonesia – Rafflesia Arnoldi dengan berbagai makanan ciri khas.

Jika anda belum mengetahui akan ini, rupanya Bengkulu mempunyai banyak hidangan kulineran ciri khas yang akan membuat lidah anda bergoyang waktu dikonsumsi.

Baca Juga: Makanan Ciri khas Banyuwangi

Langsung, kami akan memberikan makanan ciri khas bengkulu yang akan membuat anda suka.

Gulai Kemba’ang – gulai sedap dari bumi Rafflesia

Masakan gulai memang jadi salah satunya masakan sedap yang berada di Indonesia, tidak kecuali dengan Gulai Kemba’ang. Di sini, hidangan kulineran ciri khas yang ini dibikin berbahan khusus yang memakai iga sapi atau daging sapi dan tentunya dihidangkan dengan kuah ciri khas gulai yang kental.

Sebab makanan ciri khas ini mempunyai cita-rasa yang sedap, warga Bengkulu sering jadikan masakan Gulai Kemba’ang ini selaku makanan khusus waktu ada acara spesifik – apa lagi ketika Bulan Ramadhan. Selain itu, ada daun pakis yang ditambah oleh warga Bengkulu membuat kulineran ciri khas dari Bengkulu ini memberi rasa yang lain.

Kue ciri khas dari Bengkulu yang disebutkan Kue Tat

Bila anda pernah rasakan kue bolu, kami mereferensikan anda untuk coba kue ini. Mengapa? Sebab Kue Tat ialah kue ciri khas dari Bengkulu yang mempunyai cita-rasa yang lain dari bolu biasanya. Rasa renyah dan manis jadi satu di kue ciri khas tradisionil ini. Biasanya, warga Bengkulu menyediakan Kue Tat waktu hari lebaran atau Idul Fitri.

Di sini, makanan ciri khas ini dihidangkan untuk tamu yang bertandang ke rumah seorang. Dahulunya, cuman raja yang melahap Kue Tat. Tetapi, sebab perubahan jaman, warga membuat kue ciri khas ini untuk dikonsumsi dengan keluarga. Bila anda bertandang ke Bengkulu, anda dapat bawa Kue Tat selaku oleh-olehan. *beli yang banyak agar anda senang.

Tempoyak Ikan Patin

Buah Durian sering jadi bahan tambahan untuk bikin kue atau minuman sedap. Tetapi, sudah pernahkah anda coba makanan yang diproses berbahan durian? Bila anda tidak pernah coba dan pengin rasakan, anda harus mencicip hidangan kulineran yang namanya Tempoyak Ikan Patin.

Di sini, salah satunya makanan ciri khas di Bengkulu ini populer sebab rasanya yang paling sedap. Oleh orang Bengkulu, Tempoyak jadi bumbu untuk memproses Ikan Patin. Proses pengerjaan dari Tempoyak sendiri ialah hasil dari peragian, lalu digabung dengan Ikan Patin fresh supaya membuat satu hidangan kulineran yang menyajikan cita-rasa yang prima.

Bagar Hiu

Bila anda dikasih tahu mengenai masakan yang memiliki bahan Ikan Hiu, apa yang terngiang di kepala anda ialah sop sirip ikan hiu. Di Bengkulu, warga tidak memproses siripnya, tetapi memakai daging Ikan Hiu untuk jadi makanan berkuah kental. Benar-benar, daging hiu belum demikian terkenal di Indonesia.

Tetapi bila anda pengin rasakan bagaimana hidangan kulineran ciri khas ini, anda kami anjurkan untuk cobanya sendiri. Yang membuat daging Bagar Hiu berlainan yakni, dagingnya tidak demikian amis jika dibanding Ikan Hiu yang lain. Mengapa? Sebab warga cuman memakai daging dari Ikan Hiu tipe punai. Nah, buat anda yang ingin tahu dengan makanan yang pernah dikonsumsi oleh Presiden Soekarno ini, anda harus ke Bengkulu.

Lema

Sudah pernahkah anda dengar satu suku yang namanya Suku Rejang? Nah, Suku Rejang ialah pembuat dari makanan ciri khas yang ini. Lema dapat disebut serupa dengan Tempoyak sebab proses pembikinannya yang memakai sistem peragian. Tetapi, bahan pembikinnya berlainan – jika Tempoyak memakai durian.

Bahan dari Lema ialah rebung yang digabungkan dengan Ikan Mujaer. Ada satu perihal yang kemungkinan membuat anda kurang senang, yakni wewangiannya yang kurang lezat. Tetapi, tidak boleh salah dengan rasanya yang akan membuat lidah anda bergoyang.

Pendap

Kami merekomendasikan anda untuk rasakan hidangan kulineran ciri khas yang ini. Yap, Pendap ialah makanan ciri khas dari Bengkulu yang telah ada semenjak jaman dulu. Di sini, Pendap dibikin dari beberapa ikan. Bahan khusus pembikin bumbunya, memakai kencur, bawang putih, cabai, dan kelapa muda.

Proses pengerjaan dari makanan ciri khas ini termasuk gampang, seluruh bumbu digabung dengan ikan, lalu dibuntel dengan daun talas. Nah, peranan dari daun talas sendiri untuk menambahkan wewangian pada Pendap. Perlu anda kenali, untuk bikin Pendap memerlukan saat yang lumayan lama. Betul sekali, bila pengin membuat Pendap yang sedap, harus direbus sampai waktu lebih kurang 8 jam.

Kue Lepek Biniti

Buat anda yang menyukai bawa oleh-olehan waktu melancong ke luar kota, Kue Lepek Biniti ialah kue ciri khas yang perlu anda membawa pulang. Di sini, kue ciri khas yang ini mempunyai cita-rasa yang manis dan tentunya benar-benar sedap. Kemungkinan anda akan menduga Kue Lepek Biniti selaku kue nagasari sebab bungkusannya ialah daun pisang. Tetapi, rasanya tentu berlainan sebab bahan intinya yang mempunyai rasa-rasa yang unik. Untuk memperoleh kue ini lumayan gampang, pedagang keliling umumnya jual kue ciri khas ini.

Bay Tat

Kemungkinan dari namanya anda kira aneh, tetapi kenyataannya benar-benar begitu buat mereka yang belum tahu kue ciri khas yang sedap ini. Nah, nama Bay berarti induk, dan Tat ialah kue tart.

Gampangnya, Bay Tat ialah kue tartnya warga Bengkulu. Bahan khusus pembikin kue sedap ini ialah telur ayam, tepung gandum, gula pasir, dan mentega. Bila anda pengin coba Bay Tat, anda dapat memperolehnya di toko pusat oleh-olehan.

Manisan Terong

Tipe manisan yang ada biasanya berawal dari buah-buahan seperti mangga, apel, nangka, dll. Tetapi, warga Bengkulu membuat manisan yang dari terong. Bila anda ingin tahu, anda harus coba bagaimana rasanya.

Di sini, Manisan Terong memberi cita-rasa yang manis dan tentunya legit di mulut. Untuk memperoleh manisan ciri khas dari Bengkulu ini, anda harus keluarkan uang seputar 15 ribu rupiah. Tambahan, Manisan Terong dapat disebut serupa kurma, tetapi ada rasa ciri khas yang perlu anda alami sendiri. *hehe

Kembang Goyang

Camilan ini terhitung pada makanan ciri khas Bengkulu yang perlu anda coba. Mengapa? Kembang Goyang ialah bintang camilan warga Bengkulu. Memiliki bentuk yang unik sebab serupa dengan bunga, akan membuat anda pengin melahapnya dengan lahap.

Ada satu perihal yang unik proses dari pembikinannya. Waktu dimasak, adonan kue ciri khas ini harus digoyangkan. Itu mengapa diberi nama Kembang Goyang. Rasa dari camilan ciri khas dari Bengkulu ini bermacam, ada yang manis dan ada juga yang tawar. Nah, bila anda berkunjung Bengkulu, janganlah lupa untuk mengantarnya selaku oleh-olehan.

Lemang Tapai

Bukan lema, tetapi makanan ini namanya Lemang. Yap, bahan khusus yang jadi peneman hidangan kulineran ini ialah tapai. Makanan ciri khas yang ini dibikin dari beras kentan lalu diolah dengan memakai santan. Pembungkusnya ialah daun pisang. Proses pembikinannya dimasukkan pada bambu muda lalu dibakar – unik kan? Nah, Sesungguhnya tapai cuman peneman. Tetapi sebab cocok, karena itu jadi satu sampai jadi Lemang Tapai.