Sajian Tradisional Afrika Selatan

17 Sajian Tradisional Afrika SelatanSajian Tradisional Afrika Selatan, Karena sebagian sejarah pemukiman dan kolonisasi serta lokasinya di pantai, masakan Afrika Selatan mempunyai banyak pengaruh termasuk budaya Belanda, Prancis, Malaysia, dan asli. Berikut merupakan beberapa hidangan tradisional Afrika Selatan yg mencerminkan budaya dan selera negara yg beragam.

Jika kalian pergi ke afrika selatan, jangan lewatkan menikmati Sajian Tradisional Afrika selatan. Lanjutkan dengan melktert (kue berisi custard) yg populer dan Apabila Anda ingin sedikit snifter untuk menyelesaikannya, maka segelas Amarula (minuman keras) yg manis dan lembut pasti akan berhasil.

Baca juga: Pilihan Makanan Gorengan Indonesia

Sajian Tradisional Afrika Selatan

Biltong

Makanan yang satu ini merupakan sebuah cemilan yang di gemari yang terbuat dari daging kering yang di bumbui. Meskipun tidak semanis itu, biltong dan dendeng Amerika mempunyai beberapa kesamaan.

Biltong daging sapi tetap menjadi favorit, tetapi biltong daging rusa juga populer. Versi yg lebih tidak konvensional, seperti biltong ayam, juga tersedia. Apabila di makan sebagai cemilan, banyak makanan di Afrika menggunakan bahan Potjiekos.

Pengawetan kering merupakan metode yg di pakai untuk mengawetkan daging oleh suku asli Afrika Selatan sebelum lemari es ditemukan. Biasanya terbuat dari daging sapi atau hewan buruan, seperti springbok, biltong (daging yg diiris tipis dan dikeringkan) dan droewors (sosis yg dikeringkan dengan udara) secara tradisional dimakan sebagai Hidangan ringan.

Daging di awetkan dengan cara mencampurkan bahan bahan seperti:

  • Cuka
  • Garam
  • Ketumbar
  • Merica

Produk jadi dihargai oleh para penggemar kesehatan karena kandungan proteinnya yg tinggi dan rendah lemak. Sekarang pembuat makanan in juga memiliki variasi bumbu lain seperti

  • Cabai merah
  • Bawang Putih
  • Daging Burung Unta
  • Daging Babi Hutan

Boerewors

Makanan ini merupakan Sosis yang di buat dari Daging Cincang dengan 90% daging alami sebagai syaratnya. Campuran daging cincang mengandung rempah-rempah seperti ketumbar, cengkeh, dan pala, dan mempunyai rasa yg sangat khas. Banyak penduduk yang membuat makanan ini sendiri, dan menjadi makanan khas yang di gemari di Afrikka selatan.

Ini merupakan sosis Sajian Tradisional Afrika Selatanyg terbuat dari daging sapi, dicampur dengan daging babi atau domba dan campuran rempah-rempah. Boerewors secara tradisional di hidangkan dalam bentuk melingkar, mirip dengan sosis Cumberland dan dimasak di atas braai (barbekyu). Kata boerewors berasal dari bahasa Afrikaans dan kata Belanda boer (petani) dan wors (sosis).

Bokkoms

Meskipun tidak sesuai selera semua orang, bokkom berasal dari wilayah Pantai Barat Afrika Selatan. Dikeringkan di bawah sinar matahari dan angin, ikan belanak utuh, kecil, kemudian diasinkan. Sebagian besar memakan ikan kering, sering disebut sebagai ikan biltong, sebagai Hidangan ringan, tetapi juga dapat di pakai dalam pasta, sup, dan banyak lagi.

Bobotie

Bobotie adalah sajian makan malam yang terbuat dari:

  • Daging cincang bumbu
  • Topping Telur
  • Kismis/Sultana

Hidangan ini mempunyai rasa manis, pengaruh Cape Malay, dan termasuk kari, kunyit, dan sering kali kacang almond.

Hidangan lain yg dianggap dibawa ke Afrika Selatan oleh pemukim Asia, bobotie sekarang menjadi hidangan nasional negara itu dan dimasak di banyak rumah dan restoran. Daging cincang direbus dengan bumbu, biasanya bubuk kari, bumbu dan buah kering, kemudian di atasnya dengan campuran telur dan susu dan dipanggang sampai matang.

Koeksisters

Camilan waktu minum teh yg lezat ini dibuat dengan menggoreng potongan adonan berlipit, koeksisters menjadi lebih manis setelah menambahkan sirup manis. Mereka mempunyai kulit keemasan, renyah, bagian tengah yg lembut seperti donat, dan sangat lengket. Sajian ini mirip dengan Cape Malay Curry akan tetapi rasanya lebih manis yang di sajikan dengan di gulung di dalam kelapa kering dengan sedikit rasa pedas yang unik.

Puding malva

Maknana ini merupakan makanan dari Cape Dutch dengan selai aprikot yang memiliki rasa gurih dan juga tekstur kenyal. Setelah dikeluarkan dari oven, mereka yg memanggangnya menambahkan saus berbasis krim di atas puding.Hal tersebut membuat makanan ini menjadi lengket dan lembut seperti kue. Favorit di antara orang Afrika Selatan, biasanya di hidangkan dengan puding panas atau es krim vanila.

Puding malva impor Belanda merupakan puding bolu panggang yg manis dan lengket yg dibuat dengan selai aprikot dan di hidangkan dengan saus krim panas. Ini merupakan jawaban Afrika Selatan untuk puding toffee lengket Inggris, di hidangkan di banyak restoran tetapi sebagian besar dipanggang di rumah untuk makan siang hari Minggu.

Milktart

Jarang sekali bertemu dengan seorang Afrika Selatan yg mengatakan bahwa mereka tidak menikmati hidangan Sajian Tradisional Afrika Selatanini. Milktart (Afrikaans “melktert”) merupakan Hidangan penutup seperti kue yg terdiri dari kerak kue manis dan isian krim yg terbuat dari susu, tepung, gula, dan telur. Itu dapat dibeli utuh di sebagian besar supermarket, dan hampir setiap keluarga mempunyai resep rahasia mereka sendiri.

Potjiekos

Orang Afrika Selatan memasak potjiekos (atau Hidangan dalam panci) dalam panci besi bundar di atas api. Dibuat secara Sajian Tradisional Afrika Selatan menggunakan daging dan sayuran, variasi modern juga menjadi populer. Membuat potjiekos merupakan cara memasak yg ramah dan sederhana untuk sekelompok besar orang.

Vetkoek

Populer dalam masakan Afrikaner, vetkoek pada dasarnya merupakan roti adonan goreng. Makanan ini memiliki kata dengan Roti Gemuk yang mirip dengan Oliebollen dari Belanda. Dan juga di beri topping tambahan yang manis dan juga gurih seperti kari cincang maupun Chutney.

Chakalaka

Makanan yang satu ini menggabungkan berbagai sayuran seperti:

  • Paprika
  • Bawang
  • Wortel
  • Tomat

Sering di hidangkan di braais untuk menemani lauk pauk seperti pap (mirip dengan polenta tetapi lebih halus), juga cocok dengan boerewors.

Chakalaka dan pap merupakan andalan di setiap meja makan Afrika Selatan. Chakalaka merupakan hidangan sayuran yg terbuat dari bawang, tomat, paprika, wortel, kacang-kacangan dan rempah-rempah, dan sering di hidangkan dingin. Pap, yg berarti ‘bubur’, mirip dengan bubur jagung Amerika dan merupakan hidangan bertepung yg terbuat dari jagung jagung putih. Chakalaka dan pap sering di hidangkan bersama-sama, bersama dengan daging, roti, salad, dan semur yg direbus (dipanggang).

Kari Tanjung Melayu

Makanan ini merupakan makanan yang tercipta dari Belanda dan Perancis yang membawa budaknya dari Indonesia, Malaysia, dan India ke Cape Town di abad ke 17. Bersama dengan rempah-rempah dan metode memasak Sajian Tradisional Afrika Selatan mereka. Ketika dipadukan dengan produk lokal, rempah-rempah aromatik seperti kayu manis, kunyit, kunyit, dan cabai menciptakan kari dan semur yg harum, yg masih populer di daerah tersebut hingga saat ini.

Braai/Shisa nyama

Untuk cita rasa asli Afrika Selatan, braai atau shisa nyama otentik (‘bakar daging’ dalam bahasa Zulu) merupakan pengalaman makan yg tidak boleh dilewatkan. Braais berasal dari kotapraja Johannesburg, dengan tukang daging yg membuat barbekyu di depan toko mereka pada akhir pekan untuk memanggang daging mereka dan menjualnya di jalan.

Saat ini, komunitas lokal berkumpul di braais di akhir pekan untuk berbagi Hidangan. Mampirlah untuk menikmati suasana yg semarak, dengarkan musik, dan pilih dari daging yg ditawarkan, biasanya terdiri dari daging sapi, ayam, babi, domba, dan vors (sosis) – ini bukan jalan-jalan untuk vegetarian!

bunny chow

Hidangan jalanan Durban ini telah menjadi populer di seluruh Afrika Selatan dan sekarang mulai memasuki pasar Hidangan kami di London. Roti yg dilubangi, diisi dengan kari pedas, awalnya dibuat oleh komunitas imigran India di daerah Natal Durban dan di hidangkan kepada para pekerja untuk makan siang. Cobalah varietas ayam, babi, atau vegetarian yg mengandung lentil dan kacang-kacangan.